Penjaga Gawang, Masalah Terbesar Inggris

INGGRIS berpeluang menjadi juara dunia pAda perhelatan FIFA Wold Cup 2010 di Afrika Selatan. Kalau toh obsesi itu pupus, penyebabnya karena The Three Lions punya kelemahan yang sangat mendasar. Yakni penjaga gawang.

Inggris punya penyerang hebat. Juga gelandang kelas satu. Dan pemain belakang jempolan. Namun untuk penjaga gawang? Dengan terpaksa harus diakui kalau untuk urusan yang satu ini, stok Inggris sangat minim. Dan kualitasnya pun sangat pas-pasan.

Padahal dulu Inggris terkenal dengan penjaga gawang yang oke punya. Misalnya Peter Shilton yang menjadi legenda. Atau David Seaman. Namun setelah era Seaman, Inggris memang tak punya lagi penjaga gawang hebat. Yang ada adalah kiper yang kualitas kelas dua atau B. Yakni David James dan Paul Robinson.

Pada beberapa pertandingan terakhir kualifikasi Piala Dunia, pelatih Fabio Capello memasang Robert Green sebagai gawang. Green adalah penjaga gawang klub West Ham United yang sebenarnya tidak terlalu menonjol. Kehebatannya juga tidak beda jauh dengan David James atau Paul Robinson. Bedanya, Green relatif jarang membuat blunder.

Jadi di pundak Green kini terletak harapan Inggris. Green tak perlu menjadi dewa penyelamat. Asalkan dia tidak membuat blunder, maka tim Inggris mungkin bisa berbuat banyak.

Sejauh mana? Kita lihat saja....

1 comments:

Anonymous said...

dari dulu Inggris punya kiper hebat, tapi syg hanya utk kelas antar klub, kalo maen di timnas pada memble semua...hehe..msh inget sama blunder Shilton di PD 1990 atao blunder Seaman di PD 2002, bro? btw, utk piala dunia kali jagoanku, argentina, punya masalah kiper juga nih...hehe..:D

Post a Comment